Belakangan tersedia banyak tools yang membantu developer menulis, mengetes, debug, dan deploy. Kita bisa berganti-ganti tools tergantung pada tugas yang dikerjakan, seperti Eclipse untuk Java, PYIDE untuk Python, Gitbash untuk source code control. Semua tools ini ada untuk membuat hidup kita jadi lebih mudah. Tapi terkadang demi memahami, melakukan konfiugrasi, dan menggunakan tool baru, kita menghabiskan banyak waktu. Padahal kita bisa optimal memanfaatkan waktu tersebut untuk ngoding. Dan jika Anda berpindah ke OS lain..


Apa itu Microsoft Visual Studio Code?

Microsoft Visual Studio Code adalah one-stop shop yang memungkinkan kita fokus pada proses pengembangan dan melupakan tools baru. Lihat nih beberapa fitur Visual Studio Code:

  1. Cross platform – tersedia di macOS, Linux dan Windows artinya Anda dapat bekerja pada sistem operasi manapun tanpa khawatir belajar coding tools yang sama untuk sistem yang berbeda-beda.
  2. Lightweight – tak perlu menunggu lama untuk memulai. Anda mengontrol sepenuhnya bahasa, tema, debugger, commands dan lain-lainnya sesuai keinginan. Ini dapat dilakukan melalui extentions untuk bahasa populer seperti python, node.js, java dan lain-lainnya di Visual Studio Code Marketplace.
  3. Powerful editor – memfungsikan fitur untuk source code editing yang sangat produktif, seperti membuat code snippets, IntelliSense, auto correct, dan formatting.
  4. Code Debugging – salah satu fitur terkeren yang ditawarkan Visual Studio Code adalah membantu Anda melakukan debug pada kode dengan cara mengawasi kode, variabel, call stack dan expression yang mana saja.
  5. Source control – Visual Studio Code memiliki integrated source control termasuk Git support in-the-box dan penyedia source code control lainnya di pasaran. Ini meningkatkan siklus rilis proyek Anda secara signifikan.
  6. Integrated terminal – Tiada lagi multiple windows dan alt-tabs. Anda dapat melakukan command-line task sekejap dan membuat banyak terminal di dalam editor.

Ada banyak lagi fitur lainnya di Visual Studio code. Berikut ini adalah beberapa sumber yang bisa membantu Anda memulai VS coding.


Microsoft Visual Studio Code : Lebih Banyak Waktu Ngoding, Lebih Hemat Waktu Mencari Tools

Dicoding.com

9.4
Score

Pros

  • Editor yang cepat dan responsif
  • UI yang bagus
  • Ruang kerja yang mudah disesuaikan
  • Mudah untuk menginstall Ekstensi
  • Intelligent IntelliSense membantu Anda membuat kode dan debug dengan cepat
  • Sistem breakpoint / debugging tingkat lanjut
  • Terminal terintegrasi (CMS, Powershell dan Bash) built-in.

Cons

  • Banyak pengembang tidak suka menggunakan produk Microsoft
  • Beberapa pembaruan dan dapat merusak sistem
  • Kadang-kadang bisa menjadi sangat tidak responsif dan sedikit lamban
  • Waktu peluncuran lebih lama dibandingkan dengan editor lain
Kemudahan Pemakaian
8
Tampilan
9
Dukungan
8
Harga
10

Final Verdict

Untuk penggunaan Editor dalam membangun sebuah Program membutuhkan pengaturan dan konfigurasi yang berbeda-beda sesuai dengan jenis bahasa pemrograman yang digunakan. Selama ini VSCode telah saya pergunakan untuk HTML, CSS, JavaScript, Node.Js dan lain-lain berjalan dengan baik dan tanpa kendala yang berarti. Pilihan ada ditangan Anda jika ingin menggunakan VSCode atau Editor lain, itu terserah Anda...