Guru/Mentor/Instruktur menggunakan Kelas Maya saat ini merupakan suatu hal yang harus dilakukan. Baik itu menggunakan Google Classroom, Edmodo, Moodle maupuan Aplikasi E-Learning Mandiri masing-masing Sekolah/Kampus. Sebenarnya, pada masing-masing Platform yang telah disebutkan sebelumnya, fasilitas untuk menyimpan hasil penugasan yang dilakukan oleh Guru/Instruktur/Mentor telah disediakan dalam aplikasinya.
Namun akan menjadi suatu masalah apabila hasilnya itu harus diakses secara daring terus menerus. Ini akan berakibat membengkaknya penggunaan paket Internet dan pada beberapa kasus para Guru/Instruktur/Mentor harus berjuang untuk bisa mendapatkan sinyal Internet yang bagus di daerahnya masing-masing. Untuk itu kami ingin memberikan cara yang lebih praktis untuk digunakan untuk mempermudah para Guru/Instruktur/Mentor untuk menilai atau melihat kembali dokumen penugasan baik secara daring maupun luring memanfaatkan Google Form dan Google Drive.
Persiapan
- Akun Google (Google Mail) Personal maupun GSuite
- Pengetahuan Dasar Menggunakan Internet
- Laptop/PC/Handphone
- Paket Internet
- Cemilan dan minuman ringan sebagai teman kerja.
Pembuatan Google Form
- Buka Google Chrome atau Browser lain pilihan Anda dan jangan lupa untuk login menggunakan akun GMail yang sudah disiapkan sebelumnya
- Setelah terbuka Drive, buatlah sebuah Folder baru dengan nama “Kantung Tugas”
- Setelah itu silahkan klik ganda “Kantong Tugas” untuk membuka folder tersebut.
- Sekarang kita akan membuat sebuah Form baru nantinya digunakan Siswa untuk mengunggah File Tugas mereka.
- Selanjutnya silahkan sesuaikan Form dengan format berikut :
Judul Field Tipe Isian Status 1. Nama Lengkap Jawaban Singkat – Wajib 2. Kelas Drop-down Kelas 1, Kelas 2 dst Wajib 3. Nama Tugas yang diunggah Pilihan Ganda Tugas 1, Tugas 2 dst Wajib 4. Bagian 2 Bagian Kirim Formulir Wajib 5. Unggahan File Tugas 1 Upload File PDF, Maks Fil 1, Max 100 MB Wajib 6. Pengiriman Tugas 1 ke Skala Linier 1 – 5 Wajib 7. Komentar Tugas 1 Paragraf – Opsional 8. Bagian 3 Bagian Tugas 2 Wajib 9. Unggahan File Tugas 2 Upload File PDF, Maks Fil 1, Max 100 MB Wajib 10. Pengiriman Tugas 2 ke Skala Linier 1 – 5 Wajib 11. Komentar Tugas 1 Paragraf – Opsional
Sehingga tampilannya sebagai berikut :
Dan perlu diperhatikan pada bagian berikut :
- Silahkan tambahkan field lain jika dianggap perlu
- Lakukan Pengaturan pada Setelan
- Selanjutnya mengaktifkan GSheet Respon untuk menyimpan Data yang di input Siswa
- Lakukan ujicoba pengisian Data Siswa
Cek pada Spreadsheet, pastikan data sudah masuk sesuai dengan bagian yang di input.
- Berikutnya lakukan pengecekan pada Google Drive File yang telah di upload oleh siswa
- Jika ingin bisa diperiksa secara luring silahkan unduh Folder maupun File Siswa yang ada.
Demikian panduan selesai sampai disini. Apabila ada yang kurang jelas silahkan tanyakan melalui Grup Telegram bit.ly/grupbelajaryuk atau chat username @Amroe_Oemar.
Salam berbagi, tetap semangat dan terus berkarya…